Rabu, 20 Juli 2011

Mencapai sebuah tujuan


(spesial buat diriku sendiri dan siapapun yang hendak mencapai sebuah tujuan)

Untuk apa kita hidup?untuk apa kita belajar?untuk apa kita bekerja?dll..ya itu sebuah  pertanyaan tentang “goals”. Setiap jiwa mempunyai tujuan masing-masing dalam hidupnya,ada yang ingin menjadi saudagar kaya,menjadi kaum intelek,menjadi bla..bla..bla.. banyak sekali. Adalah hak masing-masing untuk itu, tapi tentunya tak semua tujuan itu dapat terealisasi sesuai keinginan. Ada yang dengan mudah tujuan itu dapat  tercapai, namun tak sedikit yang menemui hambatan-hambatan untuk mencapainya.

Untuk yang tidak menemui  hambatan dalam pencapaian tujuannya tentulah tak perlu kita bahas karena  mungkin itu suatu keberuntungan tatkala kesempatan telah betemu dengan kesiapan. Adalah hal yang lebih menarik untuk mencoba menilik pada goals  yang menemui hambatan, dalam hal ini tentulah variasi hambatan yang bisa ditemui,mulai dari small,big until super big.

Kebanyakan masing-masing mempunyai sikap yang berbeda dalam menelaah dan menghadapi hambatan itu. Ada yang fokus pada hambatan itu untuk mendapatkan tujuannya,terlalu fokusnya hingga banyak energi terbuang . padahal jika kita perhatikan secara seksama, bukan kah Purpose itu sebagai “key” yang ingin di capai lalu mengapa justru malah hambatan yang menjadi titik tolak mereka?
Eksplorasi lingkungan barangkali disini perlu untuk ditingkatkan,coba untuk melihat sejenak gambar berikut ini





Nah ini dapat sedikit menjadi  gambaran bahwa dengan menggeser posisi kita atau bisa juga dalam hal ini mengubah “manner”  kita dalam pencapaian sebuah tujuan  maka kita dapat segera meraih apa yang telah menjadi tujuan kita,tentulah hal ini dapat mengurangi energi-energi yang terkuras untuk hal  yang sebenarnya bukan menjadi “goals” kita. Tetap fokus apa yang menjadi tujuan kita,tapi cobalah untuk lebih selektif terhadap “cara” pencampainya,tentulah cara yang harus diambil hrs dalam norma2 kebenaran. Jangan buat kita tertahan hanya pada satu hambatan dalam pencapaian tujuan kita!!! keep spirit for all!!!

1 komentar: